SHARE
virtual-reality
Ilustrasi. Sumber: globalshapers.org

Oleh Dewi Rachmanita Syiam

Virtual Reality journalism is with us to stay, and will become even more realistic and immersive as technology improves,”– Tom Kent

Pada era yang semakin maju ini lahir banyak perkembangan di berbagai lini, termasuk teknologi. Salah satu bentuk perkembangan terknologi ialah lahirnya kamera 360 derajat yang mampu memvisualisasikan realita secara komprehensif. Kita kini tidak hanya dapat menikmati hasil foto atau video di depan layar monitor berbentuk dua dimensi saja. Lewat bantuan altar virtual reality, hasil rekaman kamera 360 derajat menjadi lebih nyata.

Virtual Reality berangkat dari kata “virtual” berarti dekat atau maya dan “reality” berarti kita alami sebagai manusia. Istilah tersebut dilansir dari VRS.org.uk merujuk pada kedekatal realitas dan biasanya mengacu pada jenis tertentu dalam persaingan realitas. Virtual reality memiliki keunggulan berupa sensasi nyata dalam dunia maya. Panca indra di tubuh kita nantinya akan merasakan sensasi langsung sesuai gambar yang kita inginkan. Dalam Codepolitan, setidaknya terdapat empat elemen dalam virtual reality, yaitu Virtual World (menciptakan screenplay atau script), Immersion (Mental Immersion, physical immersion, dan mentally immersed), Sensory Feedback (menyampaikan olahan informasi dari Virtual World ke indra berupa visual, audio, dan sentuhan), dan Interactivity (menciptakan respon aksi pengguna).

Perangkat ini sudah digunakan di berbagai bidang. Contohnya adalah dalam bidang medis dan kedokteran yang mampu mendeskripsikan bagian anatomi tubuh. Lewat virtual reality, organ tubuh dapat terlihat lebih jelas dan memungkinkan para dokter serta ahli medis menaganalisis pembedahan lebih maksimal. Perkembangan penyakit pun dapat terkelihat lewat Virtual Reality disertai teknik perawatan yang tepat untuk pasien.

Di bidang lain, yakni militer, virtual reality telah hadir untuk membantu para tentara melihat medan pertempuran sekaligus situasi perang yang lebih nyata. Melalui virtual reality para tentara mendapat pengalaman saat berada di pertempuran. Hal itu nantinya akan berpengaruh saat mereka diterjunkan langsung ke medan perang. Mereka menjadi tidak terlalu asing dengan lingkungan tersebut berbekal pengalaman dan wawasan dari virtual reality.

Tak dipungkiri, hadirnya virtual reality juga berpengaruh terhadap bidang jurnalistik. Virtual reality mampu meningkatkan penyampaian cerita kepada khalayak dengan pengalaman dan lingkungan yang kita kadang sulit dapatkan. Lewat perangkat ini, suatu peristiwa dapat dilaporkan jurnalis secara lebih mendalam dan komprehensif. Tidak hanya lewat tulisan maupun audio atau video saja, melalui virtual reality, informasi dapat dilihat lewat gambar bergerak yang dapat dilihat dari berbagai sisi. Kebenaran suatu peristiwa akan semakin nyata dirasakan khalayak.

Beberapa media pun sudah mulai menerapkan virtual reality ke karya jurnalistiknya. Ada New York Time lewat video reportase “Walking New York” yang menceritakan pembuatan street art. Terdapat pula video “The Displaced” yang menceritakan tumbangnya anak-anak akibat peperangan yang terjadi dan menghadirkan sisi krisis manusia di kehidupan saat ini. Di Indonesia sendiri, teknologi virtual reality pertama hadir lewat reportase langsung Perayaan HUT RI pada 2016 lalu di kanal YouTube.\

Berangkat dari fenomena-fenomena tersebut, sebagai calon jurnalis maupun jurnalis kita memang harus semakin melek dengan teknologi. Kita harus terus mengikuti perkembangan zaman agar kualitas karya jurnalistik kita pun meningkat. Lewat virtual reality yang merupakan masa depan jurnalistik, kita ditantang untuk mampu menyuguhkan informasi yang semakin akurat dan faktual sesuai dengan realita yang ada. Pemanfaatan virtual reality pada produk jurnalisme kita nantinya akan meningkatkan kepercayaan mereka pada kualitas produk jurnalisme. Jurnalisme lewat virtual reality akan mendekatkan suatu informasi atau persitiwa dengan khalayak.

Artikel ini terbit di rubrik Kampus Harian Umum Pikiran Rakyat pada Kamis, 27 April 2017

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY