4/sxhOnPXlMXYPdEXDDkXy1QwGlhrOWkRysnFuuIqdC7s
Monday, November 20, 2017

Oleh Hilda Julaika - Perkembangan digitalisasi di Indonesia sempat menjadi ancaman eksistensi yang mengkhawatirkan terutama bagi media audio, yakni radio. Radio dianggap sudah tertinggal bila dibandingkan dengan media lainnya. Eksistensi radio dalam industri radio pun mendorong dilakukan revitalisasi. Maka muncul pertanyaan apakah digitalisasi menjadi sebuah alasan matinya radio atau menjadikan digitalisasi sebagai sahabat dan acuan untuk melakukan kreatifitas.

Oleh Dewi Rachmanita Syiam - Pada era yang semakin maju ini lahir banyak perkembangan di berbagai lini, termasuk teknologi. Salah satu bentuk perkembangan terknologi ialah lahirnya kamera 360 derajat yang mampu memvisualisasikan realita secara komprehensif. Kita kini tidak hanya dapat menikmati hasil foto atau video di depan layar monitor berbentuk dua dimensi saja. Lewat bantuan altar virtual reality, hasil rekaman kamera 360 derajat menjadi lebih nyata.

Oleh Syifa Nuri K. - Di tengah-tengah pertunjukkannya Glenn berkata sesuatu mengenai kehidupan pribadi para artis yang seringkali terumbar ke masyarakat tanpa sepengetahuan artis itu sendiri. Ia menyebut nama salah satu akun gosip di Instagram, dan mengumpat dengan sangat kesal. Akun tersebut adalah Lambe Turah. Seketika hampir semua penonton tertawa dengan sangat lepas mendengar nama tersebut.

Oleh Ni Kadek Diana Pramesti - “Ada yang bawa pena lebih nggak?” tanya saya pada beberapa orang di hadapan saya.  “Beuh, pena bahasanya,” celetuk salah seorang teman.  “Aih, bilang pulpen aja pena, kamu ilmiah sekali,” salah seorang teman lainnya menjawab.

Oleh Rifqi Cantona - Sempat diawali dengan rasa persatuan yang tinggi di awal 2016, namun Indonesia menutup lembaran tahun 2016 dengan perpecahan. Ya, intoleransi menjadi permasalahan yang kian menjadi. Akankah intoleransi agama terhapus di 2017 nanti?

Oleh Mahardhiko F.M. - Momen tahun baru kali ini tidak hanya diramaikan oleh kembang api, tapi juga oleh pernyataan-pernyataan judgemental tentang perayaan tahun baru. Indonesia terlalu beragam untuk dilarang tahun-baruan.